STRATEGI; PENGERTIAN, TIPE STRATEGI, STRATEGI MANAJEMEN, INVESTASI DAN BISNIS (KAJIAN PUSTAKA DAN FOOTNOTE)
STRATEGI;
PENGERTIAN, TIPE STRATEGI, STRATEGI MANAJEMEN, INVESTASI DAN BISNIS
(KAJIAN
PUSTAKA DAN FOOTNOTE)
a.
Pengertian strategi
Menurut Jauch dan Gluech menyatakan bahwa strategi adalah
rencana yang disatukan, menyeluruh dan terpadu yang mengaitkan keunggulan
perusahaan dengan tantangan lingkungan dan yang dirancang untuk memastikan
bahwa tujuan utama perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh
perusahaan.(1)
Menurut Pearce dan Robinson mengartikan strategi sebagai
rencana besar, bertujuan ke masa depan untuk berinteraksi dengan kondisi
persaingan demi mencapai tujuan perusahaan, dan strategi mencerminkan
pengetahuan perusahaan mengenai bagaimana, kapan dan di mana perusahaan akan
bersaing, dengan siapa perusahaan baiknya bersaing, dan untuk tujuan apa
perusahaan harus bersaing.(2) Menurut Hunger dan Wheelen
strategi adalah rumusan perencanaan komprehensif tentang bagaimana perusahaan
akan mencapai misi dan tujuannya. Strategi akan memaksimalkan keunggulan
kompetitif dan meminimalkan keterbatasan bersaing.(3)
Dari beberapa pengertian strategi yang dipaparkan oleh para pakar diatas, maka
pengertian strategi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah suatu rencana
yang disusun berdasarkan perhitungan secara mendasar dan menyeluruh tentang perusahaan,
yang akan digunakan oleh perusahaan sebagai panduan untuk mewujudkan tujuan
perusahaan dan meraih keunggulan kompetitif dari para pesaing.
b.
Tipe-tipe strategi
Pada
prinsipnya, strategi dapat dikelompokkan berdasarkan tiga tipe strategi yaitu,
strategi manajemen, strategi investasi dan strategi bisnis.
1)
Strategi Manajemen
Strategi manajemen meliputi strategi yang dapat dilakukan
oleh manajemen dengan orientasi pengembangan strategi secara makro misalnya,
strategi pengembangan produk, strategi penerapan harga, strategi akuisisi,
strategi pengembangan pasar, strategi mengenai keuangan, dan sebagainya.
2)
Strategi Investasi
Strategi ini merupakan kegiatan yang berorientasi pada
investasi misalnya, apakah perusahaan ingin melakukan strategi pertumbuhan yang
agresif atau berusaha mengadakan penetrasi pasar, strategi bertahan, strategi
pembangunan kembali suatu divisi baru atau strategi divestasi, dan sebagainya.
3)
Strategi Bisnis
Strategi bisnis ini sering juga disebut strategi bisnis
secara fungsional karena strategi ini berorientasi pada fungsi- fungsi kegiatan
manajemen, misalnya strategi pemasaran, strategi produk atau operasional,
strategi distribusi, strategi organisasi, dan strategi-strategi yang
berhubungan dengan keuangan.(4)
2. 2. Ibid. hlm 1.
3. 3. David Hunger dan Thomas
Wheelen , Manajemen Strategis, (Yogyakarta : Andi, 2003), hlm. 16.
4. 4. Freddy Rangkuti, Analisis SWOT Teknik
Membedah Kasus Bisnis
(Jakarta : PT. Gramedia, 2006), hlm. 31.
Komentar
Posting Komentar