STRATEGI; PENGERTIAN, TIPE STRATEGI, STRATEGI MANAJEMEN, INVESTASI DAN BISNIS (KAJIAN PUSTAKA DAN FOOTNOTE)

STRATEGI; PENGERTIAN, TIPE STRATEGI, STRATEGI MANAJEMEN, INVESTASI DAN BISNIS

(KAJIAN PUSTAKA DAN FOOTNOTE)

a.      Pengertian strategi

Menurut Jauch dan Gluech menyatakan bahwa strategi adalah rencana yang disatukan, menyeluruh dan terpadu yang mengaitkan keunggulan perusahaan dengan tantangan lingkungan dan yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh perusahaan.(1)

Menurut Pearce dan Robinson mengartikan strategi sebagai rencana besar, bertujuan ke masa depan untuk berinteraksi dengan kondisi persaingan demi mencapai tujuan perusahaan, dan strategi mencerminkan pengetahuan perusahaan mengenai bagaimana, kapan dan di mana perusahaan akan bersaing, dengan siapa perusahaan baiknya bersaing, dan untuk tujuan apa perusahaan harus bersaing.(2) Menurut Hunger dan Wheelen strategi adalah rumusan perencanaan komprehensif tentang bagaimana perusahaan akan mencapai misi dan tujuannya. Strategi akan memaksimalkan keunggulan kompetitif dan meminimalkan keterbatasan bersaing.(3)

Dari beberapa pengertian strategi yang dipaparkan oleh para pakar diatas, maka pengertian strategi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah suatu rencana yang disusun berdasarkan perhitungan secara mendasar dan menyeluruh tentang perusahaan, yang akan digunakan oleh perusahaan sebagai panduan untuk mewujudkan tujuan perusahaan dan meraih keunggulan kompetitif dari para pesaing.

b.      Tipe-tipe strategi

          Pada prinsipnya, strategi dapat dikelompokkan berdasarkan tiga tipe strategi yaitu, strategi manajemen, strategi investasi dan strategi bisnis.

1)      Strategi Manajemen

Strategi manajemen meliputi strategi yang dapat dilakukan oleh manajemen dengan orientasi pengembangan strategi secara makro misalnya, strategi pengembangan produk, strategi penerapan harga, strategi akuisisi, strategi pengembangan pasar, strategi mengenai keuangan, dan sebagainya.

2)      Strategi Investasi

Strategi ini merupakan kegiatan yang berorientasi pada investasi misalnya, apakah perusahaan ingin melakukan strategi pertumbuhan yang agresif atau berusaha mengadakan penetrasi pasar, strategi bertahan, strategi pembangunan kembali suatu divisi baru atau strategi divestasi, dan sebagainya.

3)      Strategi Bisnis

Strategi bisnis ini sering juga disebut strategi bisnis secara fungsional karena strategi ini berorientasi pada fungsi- fungsi kegiatan manajemen, misalnya strategi pemasaran, strategi produk atau operasional, strategi distribusi, strategi organisasi, dan strategi-strategi yang berhubungan dengan keuangan.(4)


       1.       Rahayu Puji Susi, Esensi Manajemen Strategi, (Sidoarjo : Zifatama Publisher, 2015), hlm. 1.

2.               2.   Ibid. hlm 1.

3.               3. David Hunger dan Thomas Wheelen , Manajemen Strategis, (Yogyakarta : Andi, 2003), hlm. 16.

4.               4. Freddy Rangkuti, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis (Jakarta : PT. Gramedia, 2006), hlm. 31.

 

 

 


Komentar